PRESENTASI DESAIN,STUDY DAN RAPAT KOORDINASI KONSULTAN P2JN PROVINSI KEP.BANGKA-BELITUNG.Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan
Kepala SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung  ( Ka Satker, Ryandra Narlan, ST,MT) mengundang untuk Presentasi laporan Pendahuluan Konsultan Desain dan Study serta Rapat Koordinasi Konsultan Pengawas/Supervisi dilingkungan SNVT P2JN  termasuk Konsultan Pengawas SKPD Dinas PU Bina Marga Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.
Paket kontrak di SNVT P2JN terdiri dari 2 (dua) Paket Perencanaan Teknis Jalan yaitu PT. Candra Pratama dan CV. Rena Wijaya dan 2 (dua) paket Perencanaan Teknis Jembatan. Untuk paket kontrak Paket Pengawasan Teknis jalan ada 5 (lima) paket, yaitu PT. Nasuma Putra, PT. Indah Karya ( Persero); PT. Triduta Mitraparama; PT. Hi-Way Indotek Konsultan dan PT. Nusvey; sedangkan Pengawasan Jembatan 1 (satu) paket dengan Konsultan PT. Nasuma Putra. Berkenaan penyiapan Dokumen lingkungan berupa Study UKL/UPL  ada 4  (empat) paket kontrak,yaitu PT. Alocita Mandiri; PT. Nusvey; PT. Massuka Pratama dan PT. Wastu Asrindorian, disamping itu untuk paket Pemutkhiran Leger jalan ada 2 (dua) paket yaitu PT. Arenco Centra; PT. Indo Desain Nusantara ditambah 1 (satu)  paket Pemasangan Patok Kilometer Ruas Jalan Kota Pangkal Pinang- Puding Besar dalam Proses Seleksi.
Paket-paket Perencanaan, Study, Survey dan Pengawasan dilingkungan P2JN tersebut dikordinir oleh Konsultan Coreteam PT. Anugerah Kridapradana ( Team Leader Ir.Totok S) . Untuk paket-paket Pengawasan SKPD  Dinas PU Bina Marga Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Ka Satker SKPD, Yopi wijaya, ST,MM) ada 3 (tiga) paket Kontrak Konsultan supervisi untuk 5 (lima) paket kontrak Fisik.Kepala Bidang Perencanaan (Kabid Ren), Ir. Syarkowi, M.Sc dalam kata pengarahan, menyampaikan salah satu pesan Kepala BBPJN III yaitu;” TIADA KATA KOMPROMI TERHADAP MUTU”,baik untuk hasil kerja Konsultan Perencanaan maupun Pengawasan dibawah kendali dan tanggung jawab Kepala SNVT P2JN maupun Pelaksanaan kontrak Fisik  yang merupakan tanggung jawab PPK/Satker Fisik., untuk itu harus betul-betul memperhatiakan TOR/KAK dan Spesisifikasi Teknik ( Dokumen Kontrak).
Kabid Ren juga menjelaskan tentang Tugas dan fungsi ( Tupoksi ) Bidang Perencanaan BBPJN yang membawahi 2 (dua) Seksi yaitu Seksi Program dan Data ( Kasie, Ir. Harunnurasyid, MT) dan Seksi Perencanaan Teknis dan Lingkungan ( Kasie, Ir. Aidil Fitri) dengan tugas antara lain:Pengolahan data survey, Investigasi,Perencanaan teknis jalan dan jembatan serta Data penanganan jalan untuk Pembuatan Laporan Akuntansi Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Eselon II, Justifikasi Teknis sebagai bahan  pertimbangan Amandemen Kontrak serta Dokumen Lingkungan & Audit Keselamatan Jalan.Hal lain yang disampaikan tentang Kordinasi antara Fieldteam, Coreteam P2JN dan Coreteam di Balai yaitu Coreteam KMP untuk Pengawasan dan RPMC untuk hasil Survey/Study dan Perencanaan teknis jalan/jembatan.
Terkait dengan Tupoksi tsb, Bid Ren dibantu Coreteam bersama P2JN akan mengevaluasi/mengverifikasi hasil survey IRMS/BMS, Perencanaan Teknis untuk Program 2012-2014, termasuk Dokumen Lingkungan. Terkait aspek Keselamatan jalan, maka Road safety Audit ( RSA) harus dimulai dari proses desain.Diinformasikan juga tentang Permen PU No: 11/PRT/M/2010 tentang Tata cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan dan Permen PU no; 20/PRT/M/2010 tentang Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-Bagian jalan yang perlu diperhatikan bersama.
Sesuai dengan TOR/KAK Konsultan,perlu dilakukan Persentasi laporan survey Pendahuluan maupun draft laporan akhir. Pada kesempatan ini dilakukan Presentasi Perencanaan teknis Peningkatan jalan Tanjung Kelayang_Tanjung Tinggi oleh CV. Rena Wijaya.; Pemutakhiran Leger jalan Puding Besar-Puding Gebak oleh PT. Indo desai Nusantara serta Leger jalan Koba- Bts. Kab.- Air Bara –Toboali oleh PT.Arenco Centra.,. Paket Leger jalan tersebut akan memasang patok batas Ruang Milik Jalan (RMJ).