SOSIALISASI SPESIFIKASI UMUM 2010 DAN KEGIATAN POKJA ULP P2JN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN) Provinsi Sumatera Selatan ( Ka Satker, Ir. Marsudi,MT) dengan PPK P2jN Metropolitan Palembang ( Azwar Eddy, ST,MT),mengadakan Sosialisasi Spesifikasi Umum Teknis 2010 di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Jalan Mayor H. Noerdin Pandji no 78, km 7 Palembang, tanggal 12 Mei 2011 dengan Narasumber Ir. Soehartono Irawan, salah seorang anggota Tim pembahasan Spesifikasi teknis 2010 yang mulai berlaku tahun anggaran 2011.

Acara dibuka oleh KaSatker P2JN Prov. Sum-Sel dengan  kata sambutan dan  pengarahan Kepala Bidang Perencanaan, Ir. Syarkowi, M.Sc., yang menyampaikan pesan-pesan Kepala BBPJN III antara lain: “ TIDAK ADA KOMPROMI TERHADAP KWALITAS” dan berkenaan dengan salah satu tugas KPK yaitu memonitor Sistim Penyelenggaraan Jalan Nasional ( Kompas, Media Indonesia, 7 Mei 2011). Hal lain yaitu agar segera menyelesaikan permasalahan jalan yang rusak, Desain dan Revisi Desain harus persetujuan P2JN. Dalam pelaksanaan harus memperhatikan rambu di Zona kerja dan dilokasi jalan/jembatan yang rusak sesuai amanat UU no 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Untuk mengetahui kompetensi dan hasil sosialisasi Spesifikasi Teknis 2010, diadakan Pretest dan posttest keseluruh Peserta Sosialisasi dari Konsultan Supervisi dan Coreteam P2JN serta Konsultan Manajemen Proyek (KMP) Balai.

Kepala Balai, Ir. Bastian S Sihombing, M. EngSc, memberikan pengarahan sebelum Penutupan , antara lain tentang Sistim Penyelengaraan Jalan Nasional, tugas dan para fihak yang terkait dalam Proyek, sejak dari Study Kelayakan, Desain, Pelaksanaan Konstruksi dan pasca Konstruksi, yaitu tugas dan tanggung jawab Satker/ PPK, Kontraktor, Konsultan Perencana dan konsultan Supervisi, Tugas Penilik Jalan serta Tugas dan tanggung jawab Balai/Direktorat Jenderal Bina Marga.

KLARIFIKASI DAN NEGOSIASI BIAYA PAKET-PAKET LEGER,AMDAL DAN PERENCANAAN TEKNIS

Sesuai dengan Tata cara Pemilhan Penyedia Jasa Konsultansi berbentuk Badan Usaha, Peraturan Presiden No; 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pokja ULP P2JN Provinsi Sumatera Selatan, Ketua Pokja ,Ir. Syarkowi, M.Sc dan para Anggota Pokja serta Sekretariat dan Staf Pendukung ULP , tangal 11- 13 Mei 2011 di Ruang rapat ULP BBPJN III di adakan proses Klarifikasi dan Negosiasi Biaya.

Ada 9 paket yang di klarifikasi dan Negosiasi Biaya yaitu: Paket 1, Pemutakhiran Leger Jalan dan Penggantian Patok KM/Pemasangan Patok Hektometer Lintas Timur arahBatas Provinsi Jambi,; Paket 2, Pemutakhiran Leger dan Penggatian Patok KM/Pemasangan Patok Hektometer Lintas Tengah, arah batas Provinsi Jambi; Paket 3, Perencanaan Teknis Jalan ruas Batas Kota Lahat- Muara Enim; Paket 4, Perencanaan Teknis Jalan ruas Muara Beliti-Batas Kabupaten Mura; Btas Kabupaten Mura – Tebing Tinggi. Sedangkan Paket 5, Study Amdal ruas Jalan Sultan Machmud Badaruddin  dan Jalan Kol. H. Barlian ( Palembang ); Paket 6, Perencanaan Teknis Jalan, Ruas Bts Kota sekayu- Mangunjaya- Bts. Kabupaten Mura.; Paket 7, Perencanaan Teknis Jalan Batas Kab. Mura/Muba- Muara Beliti, sedanngkan Paket 8, Perencanaan Teknis Jembatan, Fly over/Underpass  Sp. Patal & UKL/UPL serta Paket 9, Perencanaan Teknis Jalan Dalam Kota Palembang.

Proses selanjutnya  Pembuatan Berita Acara Hasil Seleksi ( BAHS) oleh Pokja ULP untuk disampaikan kepada Satker P2JN sebagai dasar Penunjukan Penyedia Jasa Konsultansi oleh Satker P2JN Prov. Sum-Sel.