PCM dan PEMBEKALAN SPESIFIKASI 2010 DI P2JN & PEMBINAAN SDM PROVINSI,KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BANGKA-BELITUNG

Oleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Satuan Kerja ( Satker ) Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN ) Provinsi Kepulauan Bangka –Belitung Tahun Anggaran 2011 dengan Kepala satuan Kerja (Satker), Ryandra Narlan, ST.MT , mengelola  dana sebesar Rp.9.283.369,000,-, melaksanakan kegiatan Paket Perencanaan teknis jalan 2 paket, Perencanaan teknis jembatan 2 paket. Untuk paket Pengawasan jalan 5 Pkt serta paket pengawasan teknis jembatan 1 paket , paket study UKL/UPL ada 5 paket, ada 2 paket Leger jalan dan 1 paket pemasangan patok kilometer, dan 1 Paket Manajemen Proyek Coreteam  P2JN Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.Sesuai dengan Permen No 43/PRT/M/2007 , juga di lakukan Pre Construction Meeting ( PCM ) paket-paket dilingkungan P2JN, yang dibahas antara lain tentang Rencana Mutu Kontrak ( RMK ) tiap paket.

Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) Konsultan dilingkungan P2JN  termasuk Konsultan Supervisi SKPD serta penyamaan persepsi antara Satuan Kerja/PPK/PU Bina marga, Kontraktor dan Konsultan baik Perencana maupun Pengawas, maka diadakan pembekalan Spesifikasi Umum Teknis Edisi November 2010 di Hotel Bumi Asih Pangkal Pinang, tanggal 26 April 2011.

Penjelasan Spesifikasi 2010 yang merupakan bagian kontrak Fisik tahun Anggaran 2011, disampaikan oleh Ir. Suhartono Irawan, dari Jakarta yang merupakan salah seorang Tim penyusunan Spesifikasi tersebut, sedangkan Administrasi kontrak lainnya, antara lain Kerangka Acuan Kerja ( KAK ) atau Term Of Reference ( TOR ) yang merupakan bagian kontrak  Konsultansi serta jenis dan format pelaporan oleh Ir, Syarkowi, M.Sc, Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III..Sebelum diadakan pembekalan, dilakukan Pretest untuk mengetahui kemampuan para peserta yang menjadi salah satu dasar penilaian bagi P2JN, apakah Personil yang diusulkan dalam masa Seleksi Konsultan cukup memenuhi kompetensi untuk di Mobilisasi /di tugaskan ke lapangan.Diharapkan dari hal-hal yang disampaikan dan dibahas dalam pembekalan yang dilaksanakan P2JN Provinsi  Kepulauan Bangka-Belitung dapat bermanfaat dan dapat di implementasikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ditempat yag sama tanggal 26-27 April 2011 dilakukan pembinaan Sumberdaya Manusia ( SDM ) Dinas Pekerjaan Umum Provinsi,Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung  dan juga staf Proyek APBN jalan Nasional antara lain dari P2JN dan Satker Fisik. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh  Subdit Sistim Pengendalian, Direktorat  Bina Pelaksanaan Wilayah I Sumatera dengan acara Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Prakontrak, Pelaksanaan Kontrak dan serah terima pekerjaan jalan provinsi, Kabupaten/Kota.Acara  dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kep. Bangka –Belitung, Ir. Ansori Jais, MT dan dibuka oleh Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I, DR.Ir. Asep sudarjat, MM dan mempresentasikan Tupoksi Direktorat antara lain FASILITASI PENYELENGGARAAN JALAN DAERAH.

Materi –materi yang disampaikan yaitu;

  1. Manajemen Proyek, dengan Nara sumber: Ir. Harry Purwantara, M.Eng.Sc.
  2. Spesifikasi Teknis 2010, oleh Ir. Suhartono Irawan;
  3. Sistim Pelaporan, oleh Ir. Julius J Sohilait, MT
  4. Perencanaan Pengembangan Wilayah; oleh DR. Zefri, M.Sc
  5. Perencanaan Teknis dan Analisa harga satuan, oleh: Budianto, ST.