WORKSHOP KESELAMATAN JALAN & LINGKUNGAN HIDUP BIDANG JALAN

Oleh : Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Tanggal 6 dan 7 April 2011, Bidang Perencanaan BBPJN III kembali mengadakan workshop yang kali ini bertema Keselamatan Jalan dan Lingkungan Hidup Bidang Jalan. Workshop dilaksanakan selama dua hari ini bertempat di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung. Peserta yang diundang berasal dari berbagai instansi antara lain Dinas PU Provinsi Lampung, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Korps Lalu Lintas Kepolisian Daerah Provinsi Lampung, Bapedalda Provinsi Lampung, Dinas PU Kota Lampung, Fakultas Teknik Sipil Universitas Lampung, Satuan Kerja di lingkungan Provinsi Lampung, dan  Satuan Kerja di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan.

Narasumbernya antara lain bapak Ir. Syarkowi, M.Sc yang memaparkan  mengenai Sosialisasi UU No.38 Th.2004, PP No.34 Th.2006 tentang jalan, dan Sosialisasi UU No.22 Th.2009  tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bapak Arief Rizaldi, ST yang memberi paparan mengenai Penyelengaraan Jalan Yang Berkeselamatan, Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan, dan yang terakhir bapak  Irman Ruhimat Syam,M.Si yang memberi paparan mengenai Pengaturan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bidang Jalan. Kedua narasumber terakhir dari Sub Direktorat Bina Teknik Ditjen Bina Marga.

Antusiasme peserta workshop terlihat dari jumlah peserta yang melebihi target yang direncanakan. Pertanyaan dari peserta seputar keselamatan jalan dan lingkungan hidup bidang jalan menjadi pertukaran informasi dan masukan untuk berbagai instansi terkait. Selain penyampaian materi di kelas, hari kedua diadakan tinjauan lapangan ke lokasi titik rawan kecelakaan sekaligus menjelaskan mengenai audit keselamatan jalan dan lingkungan hidup bidang jalan.

Sasaran  terlaksananya kegiatan  ini adalah  tersampaikannya informasi mengenai langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan pasal-pasal terkait dengan penyelenggara jalan yang berkeselamatan, pengelolaan lingkungan hidup bidang jalan, serta tata cara dan persyaratan laik fungsi jalan. Diharapkan melalui workshop ini akan ada peningkatan pemahaman mengenai keselamatan jalan dan lingkungan hidup bidang jalan. Tindak lanjut yang diharapkan dari workshop ini adalah adanya transfer knowledge dari para peserta kepada para profesional bidang jalan di instansi tempatnya bekerja, konsultan dan  kontraktor, serta masyarakata pada umumnya.