Penyegaran Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 di Provinsi Sumatera Selatan

Oleh : Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan

Memasuki Tahun Anggaran 2011 tuntutan terhadap mutu dan kualitas penanganan jalan semakin tinggi. Demikian juga terhadap perencanaan struktur jalan sudah harus lebih semakin baik dengan meminimalisir adanya perubahan desain dalam pelaksanaan di lapangan. Mutu dan kualitas yang diharapkan dicapai adalah kualitas yang optimal dan tidak ada kompromi untuk melakukannya, sehingga para penyelenggara jalan, konsultan dan kontraktor pelaksana diminta untuk bekerja secara professional.

Dengan mempertimbangkan bahwa belum semua penyelenggara jalan, konsultan dan kontraktor memahami dan atau mengetahui secara menyeluruh mengenai Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 yang didalamnya terdapat beberapa perubahan dan penambahan terhadap beberapa divisi pekerjaan maka Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III melalui Bidang Perencanaan melakukan kegiatan Penyegaran Spesifikasi Teknis Edisi November 2010, Campuran Aspal  Panas Dengan Menggunakan Asbuton, Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi, dan Konstruksi Jembatan.

Dalam pelaksanaannya diharapkan peserta dapat mengimplementasikan spesifikasi teknis edisi November 2010 dan sekaligus meningkatan kemampuan dan keahliannya di bidang pembangunan dan pengawasan jalan. Acara penyegaran spesifikasi teknis yang dilaksanakan juga menyajikan materi tentang campuran aspal panas dengan menggunakan asbuton, perkerasan kaku (rigid pavement), dan pelaksanaan pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan yang disampaikan oleh masing-masing narasumber dari berbagai ahli di bidangnya.

Materi Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 dan Campuran Aspal Panas disampaikan oleh Ir. Rahmat Agus dari Direktorat Bina Teknik, Jakarta. Sedangkan untuk materi Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) disampaikan oleh Dr. Ir. Anwar Yamin, M.Sc dari Pusjatan Bandung. Untuk materi Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi disampaikan oleh Ir. Iwan Hardi yang berasal dari Konsultan Manajemen Proyek (KMP). Dan untuk materi Konstruksi Jembatan disampaikan oleh Ir. Irawan Daud dari profesional staf konsultan.

Acara Penyegaran Spesifikasi Teknis Edisi November 2010 di Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan pada hari Senin, 28 Maret 2011, dari pukul 08.00 WIB sampai selesai, bertempat di Aula Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III di Palembang dan diikuti oleh berbagai pihak terkait seperti P2JN Provinsi Sumsel, utusan dari Satuan Kerja (PPK atau Asisten Teknik), Konsultan dan Kontraktor dengan total peserta kurang lebih 60 orang.

Hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan acara ini adalah diharapkan masing-masing peserta dapat mengetahui, memahami sekaligus mengimplementasikan materi-materi yang disampaikan di dalam tugasnya sebagai pelaksana pembangunan dan pengawasan jalan sehingga tercipta struktur jalan yang mampu memberikan stabilitas dan dapat mendukung beban yang bekerja agar hasilnya dapat dipertanggung jawabkan baik secara teknis sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.