PCM dan PEMBEKALAN SPESIFIKASI UMUM 2010 DI P2JN PROVINSI BENGKULUOleh: Urusan Informasi Publik, Bidang Perencanaan
Satuan Kerja ( Satker ) Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional ( P2JN ) Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2011 dengan Kepala satuan Kerja  Zakaria,ST, mengelola  dana sebesar Rp.13,996,047,- , melaksanakan kegiatan Paket Perencanaan 5 pkt, paket Pengawasan 11 Pkt dan 2 Paket Manajemen Proyek berupa Coreteam untuk Wilayah I, bagian Selatan  dan Wilayah II, bagian Utara Provinsi Bengkulu,  satu paket Penyusunanan LARAP serta kegiatan Penunjang.Sesuai dengan Permen No 43/ PRT/M/2007,tentang Standard an Pedoman Jasa Konstruksi,maka di lakukan Pre Construction Meeting ( PCM ) paket-paket dilingkungan P2JN, yang dibahas antara lain tentang Rencana Mutu Kontrak ( RMK ) tiap paket.
 Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) Konsultan dilingkungan P2JN  termasuk Konsultan Supervisi SKPD serta penyamaan persepsi antara Satuan Kerja/PPK/PU Bina marga, Kontraktor dan Konsultan baik Perencana maupun Pengawas serta Manajemen Proyek  maka diadakan pembekalan Spesifikasi Umum Teknis Edisi November 2010 di Hotel Nala beach hotel Bengkulu, tanggal 18 April 2011.Penjelasan Spesifikasi 2010 yang merupakan bagian kontrak Fisik tahun Anggaran 2011, disampaikan oleh Ir. Suhartono Irawan, dari Jakarta yang merupakan salah seorang Tim penyusunan Spesifikasi tersebut, sedangkan Administrasi kontrak lainnya, antara lain Kerangka Acuan Kerja ( KAK ) atau Term Of Reference ( TOR ) yang merupakan bagian kontrak  Konsultansi serta jenis dan format dan isi pelaporan oleh  Ir, Syarkowi, M.Sc, Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III dengan Moderator Dedi, ST, sebagai Team Leader Coreteam PT. Cremonapratama Total Engineering.
Sebelum diadakan pembekalan, dilakukan Pretest untuk mengetahui kemampuan para peserta. Setelah pembekalan juga dilakukan post test yang menjadi salah satu dasar penilaian bagi P2JN, apakah Personil  Konsultan yang diusulkan dalam masa Seleksi Konsultan cukup memenuhi kompetensi untuk di Mobilisasi ke lapangan.
Dari hasil Pretest dan Post test dalam acara pembekalan tersebut dengan koordinator acara, Asisten P2JN Bengkulu, Zety  , ST,MT,dimana  untuk tiga orang yang mendapatkan Nilai terbaik diberikan hadiah penghargaan dari P2JN Provinsi Bengkulu.Diharapkan dari hal-hal yang disampaikan dan dibahas dalam pembekalan yang dilaksanakan P2JN Provinsi Bengkulu dapat bermanfaat dan dapat di implementasikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.