KESELAMATAN JALAN PADA ZONA KERJA JALAN / JEMBATANOleh : Syarkowi; Ir., MSc. (Kabid Perencanaan BBPJN III)
Pekerjaan jalan / jembatan, baik berupa pemeliharaan, rehabilitasi maupun pembangunan jalan / jembatan akibat gangguan fungsi jalan existing. Apabila zona kerja tersebut dekat dengan pergerakan lalu lintas, maka pekerjaan jalan / jembatan memiliki potensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian khusus pada keselamatan jalan pada pekerjaan jalan / jembatan berlangsung.
Di dalam laporan audit yang dilaksanakan AusAid diproyek EINRIP terhadap kondisi keselamatan jalan pada tahap konstruksi diketahui terdapat permasalahan keselamatan jalan pada zona kerja seperti kurangnya rambu – rambu, meletakkan barrier yang salah, kurangnya delinasi dan banyaknya hazard di lokasi proyek. Permasalahan tersebut dapat meningkatkan resiko kecelakaan di lokasi proyek.
  Pengetahuan para konstruktor dan konsultan supervisi mengenai keselamatan jalan pada zona kerja adalah salah satu alasan penting yang menyebabkan benyaknya permasalahan keselamatan. Sehubungan hal tersebut di atas, dibutuhkan bantuan teknis berupa workshop oleh BBPJN III melalui Bidang Perencanaan kepada pemangku kepentingan stakeholder terkait keselamatan jalan pada zona kerja agar masalah keselamatan jalan yang terjadi dapat diminimalisir.
  Kegiatan tersebut di atas merupakan salah satu Tupoksi Bidang Perencanaan (Kabid Ren Ir. Syarkowi, MSc.) dengan Seksi Perencanaan Teknis, Lingkungan dan Keselamatan Jalan dengan staf Amjah, ST, MT., Rina, ST., dan Indah.