SINKRONISASI PROGRAM WILAYAH BBPJN III Oleh : Urusan Informasi Publik Bidang Perencanaan
Salah satu seksi di bawah Bidang Perencanaan (Kabid Ir. Syarkowi, MSc.) yaitu seksi Program dan Data (Kasi Harunnurassyid, ST,MT.) Tugas seksi ini antara lain mengenai pengumpulan data untuk program wilayah BBPJN III (Sumatera Selatan, Bangka Belitung , Bengkulu, dan Lampung). Program ke empat provinsi tersebut harus disinkronisasikan secara jaringan jalan.
Salah satu program prioritas yaitu percepatan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan Jalan Trans Sumatera, Lintas Timur, Lintas Barat, Lintas Tengah, dan penghubung Lintas.Jalan Lintas Timur Sumatera merupakan jalan yang ditetapkan sebagai bagian dari Jalan Trans Asia, dimana pengembangan jaringan jalan pada daerah tersebut dilakukan sejak akhir tahun 1980 dan awal tahun 1990 yang saat ini sangat diperlukan peningkatan kapasitas jalan, baik lebar maupun Tekanan (MST). Saat ini sudah sangat diperlukan pembangunan Jalan Bebas Hambatan (TOL) dan Jembatan Selat Sunda (JSS).
Dalam rangka pemantapan Masterplan Jaringan Jalan Arteri Sumatera , Kabid Ren (Ir. Syarkowi, MSc.) diberi kesempatan oleh bina Marga dan KOICA kursus Masterplan di Korea tahun 2009 dan diberi kesempatan presentasi keterpaduan program jaringan jalan di provinsi Sumatera Bagian Selatan, BELAJASUMBA (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan).