ASPEK LINGKUNGAN DAN ASPEK KESELAMATAN JALAN

Oleh : Urusan Informasi Publik Bidang Perencanaan

Salah satu seksi di bawah Bidang Perencanaan  (Kepala Bidang : Ir. Syarkowi, MSc.), yaitu Seksi Perencanaan Teknis dan Lingkungan (Kasi Ir. Aidil Fitri). Tugas seksi ini antara lain mengenai lingkungan jalan dan juga urusan aspek keselamatan jalan.Berkenaan lingkungan (Amdal, UKL/UPL, LARAP,SPPL) termasuk juga penghijauan penanaman pohon. Bina Marga juga mendukung Program Satu Milyar Pohon. Hambatan di lapangan yaitu batasan Rumija, penanaman pohon terpaksa di pekarangan penduduk.
Aspek keselamatan jalan telah diatur dalam UU No : 38 / 2004 dan PP No : 34 /2006 tentang jalan dan UU No : 22 / 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan raya.
BBPJN III Direktorat Jendral Bina Marga sebagai insan yang memiliki tugas dalam mengelola Jalan Nasional telah melaksanakan berbagai upaya dalam hal peningkatan keselamatan jalan. Renstra BBPJN III 2010 – 2014 telah mengakomodir program peningkatan keselamatan jalan.
Kepala Bidang Perencanaan, Ir. Syarkowi, MSc. telah diberi kesempatan shortcourse dari dana IINDI tahun 2010 di Vicroad, Melbourne, Australia, diberi kesempatan presentasi tentang Road Safety Persimpangan Kota Palembang dan Belitung.