Rapat Penjelasan (Prebid Conference) Pengadaan Jasa Konsultansi Pengawasan Jalan dan Jembatan dan Core Team.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III (BBPJN III)

16 Februari 2011

Pada hari Rabu tanggal 16 Februari 2011, pada pukul 10.00 WIB di Aula Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, diadakan Rapat Penjelasan (Prebid Conference) dalam rangka Pengadaan Jasa Konsultansi Pengawasan Jalan dan Jembatan dan Core Team.

Rapat Penjelasan dipimpin oleh Ketua Pokja yang juga Kabid Perencanaan BBPJN III Provinsi Sumatera Selatan (Ir. Syarkowi, MSc.). Ketua Pokja memberikan penjelasan bahwa pelelangan untuk 2011 ini tidak lagi menggunakan Keppres tetapi Perpres 54 tahun 2010 dan sesuai dengan Surat Edaran Menteri PU No. 17/SE/M/2010 tanggal 29 Nopember 2010 bahwa pelelangan ini dilakukan secara Full E-Procurement.

Rapat penjelasan dihadiri oleh Unsur SNVT Balai Besar Pelaksanaan Jalan III , Sekretaris ULP (Amjah Jayasaputra, ST, MT.), unsur Pokja dan para konsultan yang lulus pra-kualifikasi, masing – masing paket. Paket KMP diantaranya dihadiri oleh PT. Seecons dan PT. Virama Karya.

Bpk. Ir. Syarkowi, MSc. (Kabid Perencanaan BBPJN III) mengucapkan selamat kepada peserta yang dinyatakan masuk dalam shortlist dan diundang dalam seleksi umum, Bapak Syarkowi juga menyampaikan bahwa dalam pemasukan dokumen agar memperhatikan dokumen seleksi dan berita acara rapat penjelasan dan meneliti dokumen penawaran agar dokumen yang disampaikan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat dievaluasi.

Bpk. Amjah Jayasaputra, ST. MT (Sekretaris ULP) menjelaskan bahwa terdapat peraturan baru Perpres 54 tahun 2010, pedoman dari LKPP, dan sistem e-Proc dan ruang lingkup kerja baru, BBPJN III yaitu Sumsel, Babel, Bengkulu dan Lampung. Beliau juga menjelaskan e-Proc adalah bentuk peningkatan profesionalitas dan menjamin keamanan dan kerahasiaan dokumen dari Pokja dan peserta. Bapak Amjah mengatakan kepada peserta bahwa dalam menyiapkan dokumen agar benar-benar teliti. Untuk pembuktian pemenang seleksi menyerahkan Dokumen Asli 1, untuk dokumen yang akan diupload merupakan dokumen asli yang telah ditandatangani/ diparaf kemudian di-scan. Dan untuk kerahasiaan seluruh dokumen yang di-upload adalah terjamin, ULP tidak dapat membuka file yang masuk sebelum waktu yang telah ditentukan.

Pokja menjelaskan bahwa pertanyaan tambahan dari peserta yang berkaitan dengan penjelasan kantor, dapat disampaikan paling lambat tanggal 17 Februari 2011 pukul  24.00 Wib. dan Berita Acara Penjelasan tambahan serta addendum tersebut akan di-upload oleh Panitia/Pokja pada tanggal 18 Februari 2011.

Pada rapat ini disampaikan beberapa penjelasan umum diantarnya metode pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Konsultansi yang dipakai adalah METODE SELEKSI UMUM dengan sistem Full e-Procurement. Kerangka Acuan Kerja merujuk kepada Pedoman Konstruksi dan Bangunan No. 010/ BM/ 2010. Cara penyampaian Dokumen Penawaran melalui website PU http://www.pu.go.id. Semua Dokumen Penawaran harus menggunakan Bahasa Indonesia. Dokumen penunjang yang terkait dengan Dokumen Penawaran dapat menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa asing, dokumen penunjang yang berbahasa asing perlu disertai penjelasan dalam Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi perbedaan penafsiran, maka yang berlaku adalah penjelasan dalam Bahasa Indonesia. Peserta boleh menarik, mengganti, mengubah dan menambah dokumen penawarannya, sebelum batas akhir waktu pemasukan Dokumen Penawaran, dokumen asli (hard copy) disampaikan oleh pemenang dan pemenang Cadanga pada saat pembuktian/ verifikasi, klarifikasi dan negosiasi.

Sistem penyampaian Dokumen Penawaran yang dipakai adalah Sistem Dua Sampul, melalui full e-proc website PU http://www.pu.go.id, sistem Evaluasi Penawaran yang dipakai adalah Sistem Evaluasi Kualitas Teknis dan Biaya, (Quality and Cost Based Selection), untuk mengikuti Pelelangan peserta lelang harus memasukkan Dokumen Penawaran pada waktu dan tanggal yang telah ditentukan dalam LDP dan Adendumnya, dokumen Penawaran terdiri dari Dokumen Kelengkapan Administrasi, Dokumen Penawaran Teknis dan Dokumen Penawaran Biaya, peserta Lelang diminta agar memberlakukan Dokumen Penawaran selama 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemasukan dan selama masa tersebut tidak mengganti personil yang diusulkan dalam daftar penugasan. SNVT P2JN Provinsi Sumatera Selatan  dalam hal ini Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) P2JN Wilayah dan PPK P2JN Metropolitan Palembang) akan mengevaluasi kembali kecakapan personil tersebut sebelum menunjuk Tim Konsultan sebagai pelaksana pekerjaan konsultansi setelah mengadakan ikatan kontrak / menerbitkan Surat Perintah Mulai Kerja. Apabila tidak ditentukan lain dalam Penjelasan Pekerjaan (Prebid Conference) ini, maka syarat dan ketentuan adalah seperti yang tercantum dalam Dokumen Pemilihan Jasa Konsultansi.