RAPAT RENSTRA 2010-2014

Renstra 2010-2014

Rapat yang diselenggarakan di ruang rapat BBPJN III ini membahas BBPJN dalam merencanakan Renstra 2010-2014 lebih menekankan kepada pelaksanaan preservasi dan peningkatan kapasitas jalan nasional. Para satker (Preservasi dan Pembangunan) diharapkan mampu merinci detail-detail yang direncanakan didalam RPJM yang dibuat oleh Kementerian PU. Peningkatan kapasitas jalan nasional yang dimaksud oleh Kementerian PU adalah panjang jalan yang dibangun baru, panjang jalan yang mendapatkan pelebaran dan jembatan yang dibangun baru atau jembatan duplikasi. Para satker P2JJ pun diharapkan mampu untuk merencanakan jumlah perencanaan teknis dan pengawasan teknis jalan dan jembatan sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Kementerian PU untuk BBPJN III.

Kementerian PU telah menerapkan target nasional untuk lingkungan BBPJN III yang harus dilaksanakan untuk 5 tahun kedepan. Target nasional itulah yang akan menjadi acuan para satker dalam merencanakan rincian target km untuk pertahunnya selama 5 tahun kedepan.

Monitoring Tindak Inpres No. 1 Tahun 2010 ke UKP4.

Dalam menindaklanjutin Instruksi Presiden No.1 Tahun 2010 mengenai pelaporan data ke UKP-4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan), para satker pembangunan dan satker preservasi diharapkan melaporan kemajuan fisik paket kegiatan per-2 bulan sekali (april, juni, agustus, oktober dan desember).

Dalam melakukan pelaporan terhadap UKP4, hendaknya para satker memberikan gambaran mengenai ruas penanganan jalan atau jembatan yang dilengkapi dengan foto dan koordinat GPS. Foto-foto tersebut hendaknya dapat menggambarkan kemajuan proyek sudah sampai berapa persen dari nilai konrak. Selain gambar ruas penanganan jalan, para satker juga hendaknya dapat memberikan gambaran mengenai penanaman 1000 pohon perpropinsi. Adapun hal-hal yang harus direncanakan oleh para satker mengenai penanaman pohon ini adalah identifikasi lokasi penanaman dan potensi lahannya.

Pelaporan pertama ke UKP-4 diharapkan telah diterima pada awal April. Pelaporan pada bulan April diharapkan telah memberikan gambaran paket pekerjaan yang sudah terkontrak.