PENINGKATAN PERAN BBPJN III DALAM PEMBERIAN IZIN PEMANFAATAN BAGIAN-BAGIAN JALAN

Dalam rangka penertiban perizinan, rekomendasi / dispensasi pemanfaatan bagian-bagian jalan, Bidang Perencanaan dan Pengawasan Teknis BBPJN III mengadakan Sosisalisasi Undang – undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan serta Undang – undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peserta yang diundang adalah pihak terkait dan masyarakat yaitu Direktorat Lalu Lintas POLDA Sumsel, SNVT P2JJ Provinsi Sumsel Palembang, SNVT P2JJ Metropolitan Palembang, SNVT Preservasi & Pembangunan Jalan & Jembatan Provinsi Sumsel, Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel, Dinas Perhubungan dan Kominfo Prov. Sumsel, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, PT. Telkomsel, PT. Indosat, PT. Exel Axiata, PT. PLN,PT. Bukit Asam, PT. PGN, PDAM Tirta Musi. Sosialisasi juga mengundang dari perguruan tunggi yaitu Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah, Universitas Palembang, Universitas Taman Siswa, Universitas PGRI, Universitas Bina Darma, Universitas IBA, Universitas IGM dan Universitas Tridinanti.

Dalam acara tersebut juga melibatkan dari Ditlantas Polda Sumsel sebagai narasumber untuk menyampaikan Undang – undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berkenaan dengan keamanan dan keselamatan  jalan.

Pada paparannya, narasumber menyampaikan peraturan – peraturan yang terkait dengan pemberian izin pemanfaatan bagian jalan selain peruntukkannya sebagai dasar pemberian izin. Disampaikan juga bagian – bagian jalan yang menjadi dasar pemanfaatan jalan selain peruntukkannya dimana pada bagian ruas milik jalan (rumija) tidak diijinkan untuk digunakan sesuai dengan UU No. 38 Tahun 2004 dan PP No. 34 Tahun 2006. Hal ini juga terkait dengan pengguna jalan dalam berlalu lintas jika dalam pelaksanaan pekerjaan tidak memperhatikan keselamatan karena dapat dikenakan sanksi hukum sesuai dengan Undang – undang No. 22 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Peran BBPJN III dalam hal ini telah menyusun dan melaksanakan prosedur Pemberian Izin Pemanfaatan Bagian – bagian Jalan sesuai dengan peraturan yang terkait yaitu pemohon izin harus mengikuti prosedur yang telah ada untuk mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Bina Marga dalam hal ini cq. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III. Dalam pelaksanaan pekerjaan nantinya sampai dengan pekerjaan selesai dan masa pemeliharaan, akan tetap dalam pengawasan BBPJN III selaku pemberi izin.

Diharapkan dari sosialisasi ini para pemangku kepentingan atau stake holder yaitu pihak pengguna jalan, pemilik utilitas dan masyarakat dapat bersama – sama melaksanakan penyelenggaraan jalan yang berkelanjutan sesuai dengan peraturan yang ada.

 Penyampaian Laporan dari Ketua Panitia Pelaksana Pembukaan acara yang di buka oleh Kepala Balai yang diwakili oleh Ir. Paul Ames Halomoan, MSc
Penyematan tanda simbolis ke peserta oleh Bpk. Ir. Syarkowi, MSc  Peserta Sosialisasi