BIMBINGAN TEKNIS/PENYEGARAN TEKNIS PERENCANAAN DAN PENGAWASAN JALAN DAN JEMBATAN DI PALEMBANG PROPINSI SUMATERA SELATAN

Bimbingan teknis/penyegaran teknis Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan yang diselenggarakan pertama kali di Palembang, Sumatera Selatan, diawali dengan kata sambutan dari Ketua Panitia yaitu Kepala Bidang Perencanaan dan Pengawasan Teknis BBPJN III, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Jembatan III diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha.

Pembukaan selain dihadiri oleh para peserta bimbingan juga dihadiri oleh Narasumber Ir. Rustaman, Msc, Kepala SNVT Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Provinsi Sumatera Selatan dan Kepala Bidang Pengujian dan Peralatan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya ketua panitia menyampaikan untuk mewujudkan infrastruktur jalan yang handal, dibutuhkan kaidah/prosedur atau peraturan – peraturan yang berlaku untuk penyelenggaraan jalan mulai dari tahap perencanaan, prakonstruksi, konstruksi dan tahap pasca konstruksi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan penanganan jalan dan mengurangi kendala – kendala yang terkait dalam ketentuan, persyaratan dan keterkaitan dari sektor – sektor lain, dibutuhkan kesamaan pandangan dan satu tolok ukur yang diketahui bersama, khususnya oleh perencana, pelaksana dan pengawas pelaksanaan penanganan jalan.

Terkait dalam hal tersebut, Bidang Perencanaan dan Pengawasan Teknis Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis/Penyegaran Teknis Perencanaan dan Pengawasan Bidang Jalan dan Jembatan”.

Kegiatan Bimbingan Teknis/Penyegaran Teknis Perencanaan dan Pengawasan Teknis Jalan dan Jembatan Tahun 2010 dilaksanakan di tiga provinsi yaitu Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (14-16 Juni 2010), Pangkal Pinang Provinsi Kep. Bangka Belitung (7-8 Juli 2010), Jambi (14-16 Juli 2010).

Adapun maksud kegiatan ini adalah melakukan bimbingan teknis manajemen proyek bidang jalan dan jembatan kepada para pelaku penanganan jalan dalam hal peningkatan pengetahuan dan peningkatan pemahaman di bidang perencanaan dan pengawasan jalan dan jembatan di lingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten dalam penerapan perencanaan dan pengawasan teknis, pada setiap tahap pelaksanaan konstruksi yaitu  perencanaan, pra konstruksi, konstruksi dan pasca konstruksi sesuai dengan prosedur atau kaidah-kaidah yang terkait dalam penanganan jalan di lingkungan kerja masing-masing.

Peserta kegiatan pembinaan teknis Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan di Palembang berasal dari unsur Kasatker Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan dilingkungan BBPJN III yaitu Kasatker P2JJ Provinsi Sumatera Selatan, Kasatker SKPD, Konsultan Manajemen Proyek, Core Team P2JJ Provinsi Sumatera Selatan dan diikuti personil dari masing-masing konsultan paket-paket pekerjaan di Provinsi Sumatera Selatan.

Pembinaan Perencanaan dan Pengawasan Teknis yang diberikan oleh Ir. Rustaman, MSc, Ir. Bambang Irawan, MT, Ir. Iwan Hardi, Dr. Ir. Ianwar Yamin, MSc, Dr. Ir. Siegfried, MSc, Ir. Subaiha Kipli dan Ir. Syarkowi, MSc.Materi yang disampaikan meliputi Metoda Perhitungan Perencanaan Jembatan, Pengawasan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Jembatan, Pengawasan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Jalan, Metoda Perhitungan Pekeerasan Lentur (Flexible Pavement), Metoda Perhitungan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), Studi Lingkungan Hidup di Bidang Jalan dan Jembatan dan LARAP.

Pelatihan semacam ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan akan jalan dan jembatan. Lebih lanjut diharapkan para peserta paham dan mampu dalam menerapkan Perencanaan dan Pengawasan Teknis di lingkungan kerja masing-masing. Ke depan kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan dan masukan yang diberikan oleh pada peserta pelatihan.