DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III

DIREKTUR JENDERAL BINA MARGA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM

Oleh : Urusan Informasi Publik

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNs yang mempunyai kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk dapat membentuk sosok PNS seperti tersebut diatas, perlu dibina melalui jalur diklat yang mengarah pada upaya peningkatan :

  1. Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, Negara dan tanah air.
  2. Kompetensi teknis, manajerial, dan/atau kepemimpinannya.
  3. Efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

Sesuai dengan  ketentuan Peraturan Pemerintah No.101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS, antara lain ditetapkan jenis-jenis Diklat PNS. Salah satu diantaranya adalah Diklat Prajabatan Golongan III yang merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi PNS Golongan III.

Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III yang diadakan di Balai Diklat PU Wilayah II Bandung Jalan Jawa No.8-10 Bandung dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober – 11 November 2011 dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang berasal dari Direktorat Jenderal Bina Marga.

Sesuai dengan ketentuan PP No.101 Tahun 2000, Maksud dan Tujuan dilaksanakannya Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara professional dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi.
  2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Secara khusus Diklat Prajabatan Golongan III bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang system penyelenggaraan pemerintahan Negara, bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan bagi PNS Golongan III, maka Kurikulum dan Metode Diklat Prajabatan Golongan III disusun sebagai berikut :

No.

Mata Diklat

Jam Pelajaran

1. Dinamika Kelompok

12

2. Sistem Penyelengaraan Pemerintah NKRI

12

3. Budaya Kerja Organisasi Pemerintah

12

4. Etika Organisasi Pemerintah

12

5. Membangun Kerjasama Tim

12

6. Wawasan Kebangsaan dalam Kerangka NKRI

12

7. Pelayanan Prima

12

8. Manajemen Perkantoran Modern

12

9. Komunikasi yang Efektif

12

10. Manajemen Kepegawaian Negara

12

11. Percepatan Pemberantasan Korupsi

12

12. Membangun Kepemerintahan yang baik

12

13. Perubahan Pola Pikir

24

14. Program Ko-Kulikuler

 
  1. Latihan Kesegaran Jasmani, dalam bentuk Senam Kesegaran

17

        Jasmani, Baris Berbaris, Permainan, Olahraga, Lari/Jogging

 
  1. Baris berbaris

6

 
  1. Tata Upacara Sipil

6

  d.   Pengarahan Program

6

  e.   Ceramah Umum/Muatan Teknis Substantif

6

  f.    Ceramah tentang Kesehatan Mental

3

15. Ujian

2

16. Evaluasi

2

 

JUMLAH

216

Metode yang digunakan dalam program Diklat Prajabatan Golongan III adalah :

  1. Ceramah yang dikombinasikan dengan tanya jawab.
  2. Diskusi kelompok

Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang saling menghargai dan tukar menukar informasi serta memperkaya gagasan.

  1. Simulas/Role Playing

Dalam simulasi ini para peserta Diklat melakukan pembelajaran dengan memainkan peran dalam situasi tertentu, seperti bermain peran, dan permainan.

Diharapkan setelah mengikuti diklat ini para peserta diklat mampu dan terampil dalam menerapkan pekerjaan di unit kerjanya masing-masing melalui perubahan sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

About these ads