DIKLAT ANALISA HARGA SATUAN (AHS) PEKERJAAN JALAN DAN JEMBATAN

Oleh: Sari Novrianti, ST, MT, Intan Permata Sari, ST, Rina Windarti, ST, Staf Bidang Perencanaan

 

Sesuai Visi dan Misi Kementerian Pekerjaan Umum yaitu tersedianya infrastruktur yang handal, bermanfaat, dan berkelanjutan, maka dipandang perlu meningkatkan kemampuan pegawai PU. Dengan tujuan peningkatan kemampuan pegawai PU terutama agar menguasai prosedur terbaru, maka diperlukan pelatihan dibidang Administrasi, salah satunya adalah pelatihan Analisa Harga Satuan (AHS). Dalam urutan proses pengadaan sampai dengan pelaksanaan proyek, tidak lepas dari perhitungan AHS yang dibuat oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) yang diselesaikan maksimum satu bulan sebelum proyek dilaksanakan. Pelatihan AHS ditujukan agar proyek-proyek dapat berjalan tertib dan lancar.

Untuk tahun anggaran 2011 ini, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Pekerjaan Umum Wilayah VII Palembang mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan dan Jembatan. Kegiatan ini telah dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2011 dan ditutup pada tanggal 12 Agustus 2011 bertempat di ruang Aula Balai Diklat PU Wilayah VII Jalan K.S. Tubun Palembang.

Peserta yang mengikuti Diklat AHS ini berasal dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III, utusan dari Kepala Satuan Kerja Kementerian PU wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung, serta utusan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung. Total peserta yang mengikutinya sebanyak 36 orang peserta. Sedangkan materinya antara lain Pedoman Penyusunan Harga Satuan berdasarkan Perpres 54 Tahun 2010 oleh Ir. Riad Horem, Dipl Jembatan oleh Ir. Saktyanu, M.Eng.Sc dan Ir. Jaja Pryadi, M.Eng.Sc. HE, Spesifikasi Pekerjaan Jalan dan Jembatan, Peralatan Pekerjaan Jalan dan Jembatan, Komponen Jembatan oleh Ir. Saktyanu, M.Eng.Sc dan Ir. Jaja Pryadi, M.Eng.Sc.. Harga Satuan Dasar, Penggunaan Sofware AHS Pekerjaan Jalan dan HPS/OE adalah perkiraan biaya atas pekerjaan   barang/jasa sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa, dikalkulasikan secara keahlian dan berdasarkan data yang dapat dipertanggung-jawabkan. Prinsip untuk menghitung HPS yaitu Sederhana (uraian perhitungan mudah dimengerti dan dapat diuji kewajarannya), Murah (waktu singkat dan sumberdaya tersedia), dan Efisien (dapat dilaksanakan dengan metode kerja yang disepakati dan aman dilaksanakan).

 

Penyusunan HPS didasarkan pada data harga pasar setempat, yang diperoleh berdasarkan hasil survei menjelang dilaksanakannya Pengadaan, dengan mempertimbangkan informasi yang meliputi:

  1. Informasi biaya satuan yang dipublikasikan secara resmi oleh Badan Pusat Statistik (BPS);
  2. Informasi biaya satuan yang dipublikasikan secara resmi oleh asosiasi terkait dan sumber data lain yang dapat dipertanggungjawabkan;
  3. Daftar biaya/tarif Barang/Jasa yang dikeluarkan oleh pabrikan/distributor tunggal;
  4. biaya Kontrak sebelumnya atau yang sedang berjalan dengan mempertimbangkan faktor perubahan biaya;
  5. inflasi tahun sebelumnya, suku bunga berjalan dan/atau kurs tengah Bank Indonesia;
  6. hasil perbandingan dengan Kontrak sejenis, baik yang dilakukan dengan instansi lain maupun pihak lain;
  7. perkiraan perhitungan biaya yang dilakukan oleh konsultan perencana (engineer’s estimate/EE);
  8. norma indeks; dan/atau
  9. informasi lain yang dapat dipertanggungjawabkan

Dalam pelatihan, peserta dilatih menggunakan Software Analisa Harga Satuan sesuai Spesifikasi 2010. Tujuan akhir dari pelaksanaan Diklat Analisa Harga Satuan, diharapkan peserta mampu melakukan penyusunan analisa harga satuan pekerjaan jalan dan jembatan sehingga proyek-proyek terutama di lingkungan Bina Marga menjadi lebih tertib dan lancar.

About these ads