WORKSHOP KESELAMATAN JALAN DAN LINGKUNGAN HIDUP BIDANG JALAN DI BENGKULU.

Oleh: Urusan informasi Publik, Bidang Perencanaan

Bidang Perencanaan BBPJN III kembali mengadakan Workshop Keselamatan jalan dan Lingkungan hidup bidang jalan selama dua hari tanggal 19-20 Mei 2011 di Nala Sea Beach Hotel Bengkulu yang dibuka oleh Kepala Bagian TU BBPJN III, Ir. Sailan Ibrahim, MM, mewakili Kepala Balai.

Peserta yang diundang berasal dari beberapa Instansi terkait antara lain Dinas Perhubungan Provinsi, Bappeda, Bapedalda, Kepolisian, Dinas PU Provinsi dan Kabupaten/Kota., para staf Satuan Kerja di provinsi Bengkulu termasuk SKPD dengan para Kontraktor. Dari lingkungan P2JN Bengkulu termasuk juga mitra kerjanya yaitu Konsultan Supervisi dan Konsultan Perencana. Bidang Perencanaan juga mengundang unsur Perguruan Tinggi, yang hadir dari Universitas Bengkulu ( UNIB) dan Sekolah Tinggi Teknik TRISULA Bengkulu.

Tujuan dan sasaran dilaksnakan kegiatan ini adalah tersampainya informasi mengenai langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan pasal-pasal yang terkait dalam UU dan PP jalan serta UU no : 22/2009 tentang LLAJ yang berkenaan Penyelenggaraan jalan yang berkeselamatan, penegelolaan lingkungan hidup bidang jalan serta tata cara dan persyaratan laik fungsi jalan.

Nara sumber dalam acara ini yaitu Ir. Syarkowi, M.Sc, Kepala Bidang Perencanaan BBPJN III, mensosialisasikan tentang UU no ;38/2004, PP: no;34/2006 tentang jalan serta UU no 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ).

Ir. Herry Vaza, M.EngSc, Kasubdit Lingkungan dan Keselamatan Jalan dengan Materi Penyelenggaraan jalan yang berkeselamatan,sedangkan Ir. Nurmala Simanjuntak, M.Eng Sc, berkenaan Pengaturan Pengelolaaan Lingkungan Hidup Bidang Jalan.

Tata cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan, sesuai dengan PERMEN PU No; 20/PRT/M/2010, oleh Andria Muharami Fitra, ST, staf Subdit Lingkungan dan Keselamatan Jalan, Direktorat Bina Teknik, Ditjen Bina Marga.

Antusiasme para peserta Workshop sangat tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang melebihi jumlah yang direncanakan. Pertanyaan, diskusi, seputar keselamatan jalan dan Lingkungan hidup bidang jalan menjadi pertukaran informasi dan masukan bagi instansi terkait. Selain penyampaian  materi dikelas, hari kedua dilakukan peninjauan lapangan di dua lokasi titik rawan kecelakaan sekalian  menjelaskan mengenai Inspeksi hal hal penting berkenaan Keselamatanm jalan dan Lingkungan hidup Bidang jalan, serta Laik fungsi Jalan.

Acara ditutup dengan pengarahan Kepala BBPJN III, Ir. Bastian S. Sihombing, M. EngSc serta foto bersama. Diharapkan melalui workshop ini akan ada peningkatan pemahaman mengenai Keselamatan jalan dan Lingkungan hidup bidang jalan. Tindak lanjut yang diharapkan dari workshop ini adalah adanya tranfer of knowledge dari Peserta kepada para profesionaL bidang jalan dari Instansi terkait, konsultan dan Konraktor pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.

About these ads