PRESENTASI DED JEMBATAN LEMATANG II KABUPATEN LAHAT & DUPLIKASI MUSI II KOTA METROPOLITAN PALEMBANG.

Oleh: Rina Windarti, ST, Staf Bidang Perencanaan

Salah satu tugas pokok dan fungsi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum melalui Bidang Perencanaan yaitu dalam mengendalikan dan melaksanakan perencanaan teknis jalan dan jembatan nasional. Sehubungan dengan hal tersebut  BBPJN III melalui undangan Bidang Perencanaan ( Kepala Bidang Ir. Syarkowi, M.Sc) untuk diadakan Presentasi dan rapat dalam rangka  melakukan pembinaan terhadap perencanaan teknis jalan dan jembatan yang ada di wilayah BBPJN III umumnya dan di wilayah Sumatera Selatan pada khususnya.

Berdasarkan permintaan dari pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lahat perihal advise teknis DED Jembatan Lematang II di Kabupaten Lahat, maka BBPJN III melalui Bidang Perencanaan mengadakan Presentasi/rapat untuk berdiskusi tentang Detailed Engineering Design (DED) Jembatan Lematang II tersebut.
Peresentasi dan Rapat diadakan pada hari Senin tanggal 2 Mei 2011 yang dihadiri oleh 29 orang yang berasal dari berbagai unsur  dari berbagai pihak yang berkepentingan diantaranya adalah Bapak Ir.Bastian S Sihombing, M.EngSc, selaku Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III, Ir. Iwan Zarkasi, M.Sc selaku Kasubdit Jembatan Dit. Bina Teknik, Kabid Pembinaan Teknis Dinas PU Bina Marga, Kabid Bina Teknik Dinas PU Bina Marga, Ir. Syarkowi, M.Sc selaku Kabid Perencanaan, Ir. Kgs Syaiful Anwar, MT selaku Kabid Pelaksanaan BBPJN III, Ir. Yudo Muktiarto, M.Eng.Scs selaku Kabid Sistem Pengendalian Pelaksanaan, Pengujian dan Peralatan BBPJN III, Ir. Marsudi, MT selaku Kepala Satker P2JN Prov. Sumsel, Ir. Darwin, MM,Kabid Pelaksanaan Wil. I Dinas PU Bina Marga, PPTK Pembangunan Jembatan Lematang II Lahat Prov. Sumsel, Konsultan Manajemen Proyek (KMP BBPJN III), Core Team P2JN Prov. Sumsel, Core Team Pengawasan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Prov. Sumsel, dan SE Konsultan Supervisi.

Presentasi Jembatan Lematang II, disampaikan Konsultan perencanaan dari Dinas PU Kabupaten. Jembatan yang direncanakan tsb merupakan penambahan jembatan yang juga akan dibuat jalan lingkar ke jembatan Lematang I di Kabupaten Lahat yang telah dibangun.  Panjang jembatan yang direncanakan adalah 160 m yang terdiri dari (3) tiga bentang dan merupakan jembatan rangka baja. Dalam rapat dibahas tentang prosedur, standard dan peraturan jembatan sesuai dengan Bridge Management System ( BMS ) yang digunakan di Indonesia, struktur jembatan yang direncanakan, kajian tentang morfologi sungai, Soil Investigation, konfigurasi dan metode pelaksanaan jembatan serta perencanaan /desain jembatan yang optimum.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian yaitu Aspek Lingkungan dan Aspek Keselamatan jalan serta kelancaran lalulintas di simpang empat dengan jalan Nasional dan Lingkar Lahat ( Non Status ) yang sedang dilakukan peningkatan kapasitas dengan dana APBN tahun 2010 dan 2011.

Selain membahas tentang jembatan Lematang II dalam rapat di presentasikan juga tentang perencanaan duplikasi Jembatan Musi II oleh PPK P2JN Metropolitan Palembang, Azwar Edy, ST,MT. Adapun duplikasi jembatan Musi II direncanakan dengan menggunakan sistem pelengkung rangka baja.

Dengan diadakannya presentasi dan rapat koordinasi ini diharapkan adanya pertukaran informasi, penambahan pemahaman tentang standard dari desain jembatan yang digunakan di Indonesia serta adanya koordinasi dalam pelaksanaan pembangunan jembatan di wilayah Sumatera Selatan sehingga didapatkan suatu desain yang optimum yang bias dipertanggungjawabkan secara teknis sesuai dengan persyaratan yang ada.

About these ads